Tuesday, June 29, 2010

tips diet ala ayunda :)


1. makan teratur.
kita harus membiasakan menerapkan pola hidup sehat dan makan teratur. pola makan yang tepat sangat dianjurkan, yaitu 3 kali makan besar dan 2-3 kali makan selingan. banyak orang menerapkan diet dengan makan hanya sekali sehari. jika ingin diet sehat makan makan lah secara teratur sesuai jam piket organ, dan tentunya menjaga porsi makan. dan jangan melakukan hal hal lain pada waktu makan


2.olah raga teratur.
olah raga teratur, atau minimal 3x seminggu. olah raga tidak hanya penting untuk menjaga keindahan tubuh kita, tetapi olah raga penting untuk kesehatan. percuma jika berdiet mati-matian dengan cara mengkonsumsi obat-obatan atau teknik apapun tanpa berolahraga.Dengan olahraga yang tepat dan rutin, tujuan pengikisan lemak dalam tubuh pun bisa berlangsung efektif. olah raga yang bisa anda lakukan seperti :jogging, jalan kaki minimal 30 menit,yoga,berenang, dll.jika anda ingin diet sehat maka jadikan Olah raga itu rutinitas wajib dalam waktu luang atau pada saat weekend anda!!

3. mengatur jumlah kalori makanan anda.
anda dapat melakukan diet dengan cara mengatur berapa besar kalori yang anda konsumsi sehari-hari. langkah awal dalam mengatur jumlah kaloi yang anda konsumsi adalah :
- anda harus tahu berapa kalori ideal anda, kalori ideal ini yang menentukan berapa jumlah kalori maksimal yang bisa anda konsumsi. untuk menghitung kalori ideal bisa anda lihat di sini

-anda tahu berapa kalori makanan yang anda makan. beberpa makanan dan ji=umlah kalori nya :
nasi ( 1 piring) = 242 kalori
siomay (170 gram = 162 kalori
ketoprak(1 porsi)= 153 kalori
cheese burger(120 gram)= 300 kalori
ayam goreng tepung (100 gram) = 383 kalori
nasi goreng(100 gram) =267 kalori
mi instant (1 bungkus)= 330 kalori
telur ayam (1 butir) = 75 kalori
soft drink (1 kaleng) = 145 kalori

untuk mengetahui jumlah kalor lainnya anda bisa melihat atau mencarinya di situs-situs lainnya.

-untuk menjaga badan anda agar stay slim anda harus mengkonsumsi makanan dibawah jumlah kalori ideal anda. dan jika anda ingin lebih kurus mungkin anda harus mengkonsumsi makanan jauh lebih rendah dari kalori ideal.
contoh : kalori ideal saya 1400, jika satu hari saya mengkonsumsi nasi+mi instant+softdrink+telur, maka satu hari saya mengkonsumsi 792 kalori (242+330+45+75). angka tersebut menunjukkan angka dibawah kalori ideal saya, maka selama itu saya aman, atau bisa menambah makan hingga mencapai batas kalori ideal, tapi jika anda memakanny lebih dari kalori ideal, dan jika rutin anda lakukan hal ini tidak menutup kemungkinan kegemukan pada tubuh anda.


4.tidur yang cukup

tidur cukup itu penting. banyak orang mengira jika tidur larut malam/begadangbisa menyebabkan kurus. padahal kurang tidur justru meningkatkan resiko diet gagal.karena kegiatan malam membuat anda lapar dan keinginan ntuk ngemil.selain itu Perlu diketahui, kurang tidur pada usia 20 tahunan, tidak menunjukan efek samping yang terlalu nampak. Padahal, beristirahat cukup dalam semalam akan efek yang berbeda pada wajah anda.

5. kurangi ngemil
jadikan diri anda alergi pada cemilan disaat anda stress, jika sekarang anda masi hobby mengemil, maka rubahlah dari sekarang ! cari metode menghadapi stress tanpa melibatkan makanan.

tambahan tips :
-memakan makanan pembakar lemak (ex: lalapan/mentahan)
-berjalan 3 kali keliling mal sebelum shopping
-jadi makan itu tujuan untuk hidup sehat.
-jangan lupa menambahkan menu sayur dan buah pada makanan anda.
-jangan biasakan makan malam di atas jam 7.
-setelah makan malam segera mengosok gigi, agar keinginan untuk makan lagi segera hilang.
-menanamkan pola pikir pada diri anda bahwa langsing dan sehat itu menarik dan cantik.
-jangan pernah malas untuk berubah. kalau tidak sekarang kapan lagi :)

No comments:

Followers