Monday, July 19, 2010

makanan melayu khas tanjung balai karimun

warning ! : kalau anda penggemar masakan melayu dan anda adalah perantau yang jauh dari kampung halaman silahkan waspada karena jika anda melihat foto2 makanan ini semua, hasrat anda untuk segera pulang dan meminta ibunda anda memasakny untuk anda. karena saya tinggal dipulau jawa mencari makanan ini sangat susah sekali. dikarimun sendiri berbeda dengan daerah lain, mungkin jika di bandung untuk sarapan adalah nasi, tapi di karimun sarapan pagi seperti kuih muih(epok-epok,putu piring,roti goreng,dll) serta makan lainnya seperti nasi lemak,lakse,pulut berinti,dll.mungkin barang siapa berminat datang ke tanjung balai karimun, jangan lupa cicipi makanan khas yang enak , lezat dan penuh cita rasa ini. yang pasti dijamin anda ketagihan. mungkin sedikit berbagi resep barangkali ada yang ingin mencoba.. nice try ^^

1. NASI GORENG KAMPUNG

nasi goreng ini memang makanan biasa tapi nasi goreng kampng ini memiliki bumbu sederhana dan simple dengan aroma khas yaitu belacan (terasi).

resep : Bahan:

nasi dingin
minyak goreng
bilis (teri),

haluskan:

terasi, bawang putih, cabe rawit (cengek),kunyit,teri

garam dan penyedap rasa

Cara membuat:

Panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan nasi dan aduk rata. Masak hingga nasi panas.

cara memasak dan bumbunya sangat simple tapi rasa nya.. wooooowww..

silahkan mencoba ^^

silahkan mencoba ^^



2. ROTI KIRAI/ROTI JALA

makanan ini sungguh-sungguh sedap, makanan melayu itu selalu simple tapi rasanya dahsyat. bentukny yang unik pun bikin kita semakin penasaran untuk menambah terus.

Roti Jala khas Timur tengah yang bentuknya menyerupai jala. Roti ini juga disajikan sebagai pendamping kari atau Gulai.

Resep Bahan Roti Jala :

  • tepung terigu protein sedang 150 gram
  • telur ayam 2 butir, kocok
  • santan 250 ml dari 1/4 butir kelapa
  • garam 1 sendok teh
  • minyak goreng 2 sendok makan
  • margarin 1 sendok makan

Cara Membuat Roti Jala :

  1. Campur terigu dan garam, aduk rata.
  2. Campur terigu dan santan, aduk rata.
  3. Tuang campuran telur ke dalam terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  4. Tambahkan minyak goreng, aduk rata.
  5. Masukkan adonan dalam plastik segitiga.
  6. Panaskan wajan anti lengket, oles dengan margarin. Semprotkan adonan membentuk jala, masak di atas api kecil hingga matang. Angkat. Lakukan hingga adonan habis.
  7. Sajikan sebagai pendamping kari/gulai.


3.ROTI PRATA


Roti Prata merupakan santapan yang dapat disajikan pada saat sarapan, makan siang atau bahkan pada saat makan malam. Roti Prata ini biasanya disajikan bersama kari atau Gulai.

Resep Bahan Roti Prata :

  • tepung terigu protein sedang 500 gram
  • air 200-250 ml
  • mentega/ butter 40 gram
  • gula pasir 1 sendok teh
  • garam 2 sendok teh

Cara Membuat Roti Prata :

  1. Campur air, gula pasir, dan garam, aduk rata. Tambahkan 20 gram mentega, aduk hingga rata.
  2. Siapkan terigu dalam kom adonan, tuang campuran air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Uleni hingga adonan kalis.
  3. Bulatkan adonan dan istirahatkan selama 20 menit. Potong dan timbang adonan 50 gram, bulatkan.
  4. Lumuri adonan dengan sisa mentega.
  5. Atur adonan di atas loyang atau kom adonan, tutup dengan plastik wrap.
  6. Ambil satu adonan, pipihkan hingga tipis seperti menipiskan kulit martabak.
  7. Lipat tepinya ke arah tengah.
  8. Panaskan pan dadar di atas api sedang, oles dengan mentega. Masak hingga kuning kecoklatan. Angkat.
  9. Sajikan dengan kari atau gulai.

Untuk 18 buah

4.GULAI ASAM PEDAS
mungkin kita sering mendengar masakan gulai ikan, tapi masakan gulai khas kepulauan riau berbeda dengan masakan gulai lainnya, rasany yang lezat sekaligus bikin kita ingin berulang-ulang untuk menghirup kuahnya, terasa sangat segar. pada umumnya kunci kenikmatan gulai asam pedas melayu adalah ikan laut yang segar.

contoh resep ikan gulai patin :

Resep (bahan, bumbu) Gulai Asam Pedas Ikan Patin
Bahan:
1 Kg ikan Patin
1 ons belimbing wuluh
1 sd teh garam
Penyedap rasa secukupnya
2 sd makan minyak goreng
1 buah tomat iris
1 lembar daun kunyit
3 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas memarkan
1 batang serai
air 2 gelas

Bumbu-Bumbu :
1 ons cabe merah
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas jari jahe

Cara Membuat, Memasak Asam Pedas Ikan Patin Menggunakan Resep diatas:

Semua resep, bumbu digiling halus lalu ditumis. Kemudian masukkan daun-daun dalam kuali masak. Selanjutnya curahkan air, setelah mendidih masukkan ikan yang sudah dibersihkan, masukkan belimbing wuluh. Setelah-agak matang kecilkan api beri penyedap rasa dan masukkan tomat.
Maka setelah itu jadilah Asam Pedas Ikan Patin dengan Resep Gulai Asam Pedas asli Melayu. Namun jika ada kekurangan dalam resep, bahan bahan untuk membuat Asam Pedas Ikan Patin dan tata cara pembuatannya, mohon dikoreksi.

5. MI LENDIR
tempat favorit saya makan mi lendir adalah di dkt pasar sri karimun, samping mesjid. rasanya sungguh sedap. sesungguhnya mi lendir ini awalny populer ditanjung pinang. namun makin lama makin berkembang di batam dan karimun juga.

resep :
Bahan-bahannya 1:

1. Mie Kuning ( mie lidi ya 1 bungkus cukup buat pemula di rebus)
2. Tauge ( beli aja 1500 cukup itu )
3. Daun bawang ( iris tipis )
4. Daun seledre ( daun sop iris halus )
5. Telur ( di rebus )
6. Cabe rawit kira2 12 biji di potong kecil-kecil.

Bahan yang di haluskan :

Cabe merah, cabe rawit, bawang putih 1 atau 2, kencur ( di halukan )
Ubi jalar ( keledek ) di rebus kemudian di haluskan.
Kacang tanah di goreng ( di haluskan )

Cara membuat kuah kacang :

Semua bumbu yang di haluskan di masak + air kira 3 atau 4 gelas+ srey yg di geprak + daun salam. Masak sampai mendidih jangan lupa kasih garam dan mie won untuk menambah rasa nikmatnya bumbu kacang tersebut.

Penyajiannya :

Untuk lebih hangat masukkan mie kuning + tauge kedalam rebusan air, sebentar saja dan angkat.
Letak di piring + telur dan siram dengan kuah kacang.
Taburkan daun sop, daun bawang + bawang goreng bila perlu..

6. LEMANG
lemang adalah makan kuih muih yang ada di karimun,biasanya lemang dimakan atau dibuat disaat moment - moment tertentu. sperti puasa dan lebaran. lemang dibuat degan cetakan bambu.














7.SIPUT SEDOT DAN GOBAK SAGU(LENDOT)
kalau lagi musim siput biasa nya mama selalu masak siput sedut, dengan menggunakan santan dan pucuk paku terasa lemak dan lezat. terkadang ada momen-momen tertentu kita berkumpul keluar memasak "lendot". lendot makanan dengan bahan siput namun menggunakan sayur kangkung dan tepung sagu rasanya melayu banget. (kiri : gobak sagu , kanan: siput sedot)

cara membuat lendot ;
bahan :
siput,kangkung,tepung sagu, untuk tambahan bisa dengan udang,cumi atau seafood lainnya
bumbu halus :
bawang merah,bawang putih,cabe rawit,cabe merah.
cara : tumis bumbu halus. masukkan siput yang telah dibersihkan, masukkan tambahannya seperti udang atau cumi atau keduanya. lalu masukkan kangkung. setelah itu masukkan tepug sagu . sajikan dalam keadaan hangat agar kuah tidak mencair. karena kuah nya lebih nikmat disantap ketika dalam keadaan kental.

mudah saja bukan? nice to try :)
tumis






8.LAKSA
laksa ada dua macam ada laksa kuah dan laksa goreng, laksa ini adalah mi yang dibuat dari sagu, makanan khas melayu ini sangan sederhana namun memiliki rasa yang gurih dan mantap. biasanya laksa disajikan beserta sambal belacan(terasi).
















9.EPOK-EPOK
epok-epok biasa nya populer disebut pastel tapi saya pernah mencoba pastel saat di bandung rasanya berbeda dengan epok-epok. yang membedakannya adalah isi dari kue epok-epok itu sendiri. biasa nya epok-epok berisi sambal kental ataupun mi siam









10.SIPUT GONG-GONG
makanan siput gong-gong memang tidak bisa ditemukan kecuali di lautan kepulauan riau khususnya tanjung pinang. gong-gong sangat populer menjadi makanan khas KEPRI.meskipun cuma direbus rasanya sangat enak dan alami sekali.









11.MI SIAM KUNING
mi siam ini makanan yang terbuat dari bahan mi suun, berwarna kuning dan biasa disajikan bersama kuah tauco

bahan:
  • 12 ml minyak, untuk menumis
  • 4 sendok teh taoco
  • 50 g asam Jawa, rendam dalam 150 ml air, peras, saring
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1250 ml air
  • ½ sendok teh kecap manis
  • 2 sendok teh kecap asin
  • 500 g mi kuning/telur basah, siram
  • dengan air mendidih, tiriskan
  • 500 g udang ukuran sedang, kupas, rebus
  • 300 g tahu putih, goreng, potong dadu 2 cm
  • 100 g taoge, bersihkan
  • 125 g mentimun Jepang, buang bijinya, potong bentuk korek api

Haluskan:

  • 25 buah cabai merah kering, rendam air panas hingga mengembang, tiriskan
  • 10 butir bawang merah
  • 8 butir kemiri
  • 8 siung bawang putih

Taburkan:

  • 2 butir telur, buat dadar tipis, iris halus
  • 2 sendok teh bawang merah goreng
  • 2 buah cabai merah, iris tipis

Cara Membuat:

  1. Panaskan 1 sendok makan minyak, tumis 2 sendok teh bumbu halus hingga matang. Tambahkan taoco, asam Jawa, gula pasir, garam dan air, aduk hingga rata. Masak hingga mendidih. Angkat. Sisihkan.
  2. Panaskan sisa minyak, tumis sisa bumbu halus hingga harum, tambahkan garam, kecap manis dan kecap asin. Aduk rata.
  3. Masukkan mi, udang, tahu dan taoge, mentimun, aduk rata. Angkat.
  4. Taruh mi dalam mangkuk-mangkuk saji. Siram kuahnya dan beri taburan. Sajikan.
12.KUE PUTU PIRING
Makanan putu piring makanan khas orang melayu khususnya di karimun, orang tua saya(ayah) dulunya adalah penjual kue putu piring ini, nenek saya yang mahhir membuatnya, namun sungguhpun begitu saya tidak bisa membuatnya, karena agak rumit dan susah, bentuknya yang seperti piring sehingga dipanggil putu piring, biasa dimakan dengan disajikan kelapa parut




13.NASI LEMAK
Biasanya nasi lemak dimakan pada saat pagi hari atau untuk sarapan, nasi ini dimasak menggunakan santan, sambal bilis dan telur.
Bahan nasi lemak:
  1. 1 kg beras
  2. 250 ml santan
  3. 5 siung bawang putih, cincang halus
  4. 40 gram jahe, cincang halus
  5. 1lembar daun pandan
  6. 3 sendok the garam
  7. Air untuk merebus

Bahan sambal lemak:

  1. 100 gram bawang merah
  2. 50 gram bawng putih
  3. 100 gram cabe merah
  4. 100 gram cabe merah kering
  5. 20 gram lengkuas
  6. 10 gram daun pandan
  7. 1 sendok teh garam
  8. 1 sendok teh gula pasir
  9. Minyak untuk menumis

Pelengkap:

  1. Ayam goreng
  2. Ikan teri goreng
  3. Kacang tanah goreng
  4. Telur rebus

Cara Membuat Resep Masakan Nasi Lemak Malaysia:

  1. Nasi lemak : Cuci bersih beras, tiriskan, campur dengan santan cair. Masukkan bawang putih, jahe, daun pandan dan garam, aduk. Tuangkan air. Masak hingga beras setengah matang dan air terserap habis, angkat, kukus hingga tanak.
  2. Sambal Lemak: Masukkan semua bahan dalam blender, haluskan, lalu tumis dengan minyak panas. Angkat.
  3. Diatas piring, tata nasi lemak dengan sambal, ayam goreng, ikan teri goreng, kacang tanah dan irisan telur rebus. Sajikan.
14.PACRI NANAS
makanan pacri nanas biasa selalu disajikan pada saat kenduri, masakan melayu adalah masakan yang penuh lemak dan berkolesterol, sehingga berkemungkinan untuk kolesterol tinggi, dan nanas merupakan buah yang bisa mengurangi kolesterol, untuk itu biasanya orang melayu selalu menyajikan pacri nanas di acara-acara tertentu.

Bahan :
3 sendok makan minyak
350 cc air
1 1/2 sendok makan cuka
1 buah nanas, kupas, belah jadi 8, potong melintang ukuran 3/4 cm
3 buah cabai merah, iris serong
3 buah cabai hijau, iris serong
10 buah cabai rawit

Bumbu :
75 gram cabai merah
4 siung bawang putih
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Bumbu : haluskan cabai merah, bawang putih, garam, dan gula, lalu sisihkan.
Bahan : panaskan minyak, lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan, tumis hingga layu.
Masukkan air dan cuka, aduk rata, lalu masak hingga mendidih.
Masukkan nanas, aduk perlahan-lahan hingga rata, masak hingga mendidih, lalu tambahkan cabai merah, cabai hijau, dan cabai rawit, aduk sebentar, angkat, sajikan.

15.KUE PULUT BERINTI















Inilah makanan khas kepulauan riau dan terkhusus tanjung balai karimun, tanjung balai karimun adalah daerah yang ada di KEPRI yang masih kental dengan budaya melayu nya. di atas adalah makanan-makanan yang khas ada disana. maka jika anda berkunjung ke karimun jangan lupa mencobanya.



20 comments:

matakakiku said...

keliatannya enak banget nih,. ^^

Anonymous said...

memang enak2 bgt tuh,,,
apalagi pas puasa.. buat makanan buka...
bikin inget karimun truss

Anonymous said...

micke betol tuh bahaye tengok lame2

Anonymous said...

ass,,,tolong gmn carany bikin siput sedot yg pake sagu trus ad sayuran kangkungnya?

mirza ayunda said...

nanti saya masukkan resep siput sedot dan lendot nya

Wisata Murah said...

yam yam yam hmmmmmmmmmm jadi lapar ne..nasi goreng kampung yang pkai trasi tu unik yak. jadi ngebayangin gemana gitu...mauuu duuunk.hehe

trus laksanya sepertinya juga beda dengan jawa barat..emmmmauuu duuuuunk.hehe enak tu dimakan malam hari

Anonymous said...

Mantabsss....Jadi inget masa kecil, makan mie lendir di depan toko roti zaman jl. Bintan TPI dulu....
BTW resep asam pedasnya aseli melayu kan? Mau coba bikin pakai ikan dingkis/lingkis (baronang susu) seperti buatan nenek :)
Thanks a lot atas share resepnya ya... :) :)

Lay Aza

Anonymous said...

(Numpang Tanya...)

Di TBK ini kalo mau nyari roti jala yg enak dmn ya?

mirza ayunda said...

g tau jelasnya dimana,,, soalny bias makan ini dimasak kalau ada acara2... cari aja org melayu asli yg biasa masak buat acara2..pst enak.. atau juga biasa ad d kedai2 yang jualan kue pagi2

acakadul said...

wahh...I love foods :) thks for info ya...boleh ku ambil untuk referensi d blogku dan tidak lupa pastinya kucantumkan sumbernya..

mirza ayunda said...

silahkan di repost acakadul :)

calicocantik said...

Cuma bisa menelan ludah..Dahsyat beneerrr...Besok bikin mi lendir ah. Thanks ya resep2xnya.

Sengkuang Trader said...

terim kasihnya info nya..

icapicipaurora said...

Salam kenal kak,
ada tak buku die mengenai resep-resep ni?
Kat sini payah betol mencari.
makaseh banyak.

ANNA said...

T.ksh resep2nya Mirza Ayunda

Anonymous said...

http://everyoneweb.com/spymobile1977a76/#intercept_sms_messages_blackberry spy call free download for nokia 5233 [url=http://everyoneweb.com/spymobile1979a18/#remote_spy_software_free_download_crack]sms spying app android[/url] cell phone anti spy software mobile spy software nokia phones best android cell phone spy software http://everyoneweb.com/spymobile1977a22/#track_my_phone_gps_free spy kids 4 online putlocker [url=http://everyoneweb.be/spymobile1972a170/#download_free_spy_software_for_nokia_phones]spy on cell phone text messages online[/url] juni spy kids imdb how to spy on a cell phone for free download finding a cell phone location for free http://surveys.questionpro.com/a/TakeSurvey?id=3400282#iphone_5_spy_software_without_jailbreak how to track a cell phone by imei number [url=http://everyoneweb.be/spymobile1977a86/#mobile_phone_bugging_software_free]how to spy on someone else s cell phone[/url] cell phone location tracking iphone app spy kids 3 full movie free download cell spyarsenal how does it work
http://everyoneweb.be/spymobile1987a74/#free_download_spy_mobile_phone_software [url=http://everyoneweb.com/spymobile1986a195/#iphone_sms_spy_app_free]wireless color spy video camera complete package[/url]
#cars_2_spy_jet_transporter

Anonymous said...

resep lakse takde eeee???
mang btol eee nengok poto2 ne bahaye btol...(mengancam...)
aer lio besembe,perot terase lapar,dan yang parah de rase teringin balek kampong....nyepaaai btol

Ali Subagio said...

Teringat saye di tbk...

Ali Subagio said...

Teringat saye di tbk...

Ali Subagio said...

Teringat saye di tbk...

Followers