Saturday, July 03, 2010

tips tips sehat part II

>pisang
"Makanlah pisang ketika sedang menderita tukak lambung karena pisang mampu menteralkan kelebihan asam cairan di lambung dan mengurangi iritasi tukak lambung."

>kelelahan mata
"Kelelahan mata adalah salah satu penyebab sakit kepala. Kurangi kelelahan mata dengan pijatan lembut di leher, setelah itu kompres mata dengan air dingin selama beberapa menit untuk proses penyembuhannya."

>konsumsi tempe
"Mengonsumsi tempe bagus untuk menghambat kerusakan sel dan proses penuaan, karena lesitin yang terkandung dalam kedelai bisa menjadi obat awet muda, penguat tulang, dan mempertinggi daya tahan tubuh."

>mandi uap
"Mandi uap bisa mengeluarkan racun-racun di tubuh dan mengurangi gejala rematik, encok atau asam urat. Mandi uap cukup 10-20 menit untuk menghindari dehidrasi. Wanita hamil, penderita jantung dan hipertensi sebaiknya tidak melakukan mandi uap."

>insomnia
"Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur."

>mata merah
"Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh."

>diare
"Gunakan biji buah pepaya untuk menyembuhkan diare. Caranya ambil 7-10 butir biji pepaya dicuci bersih lalu dikunyah 1 kali sehari. Biji pepaya mempunyai daya antiseptik terhadap bakteri penyebab diare, yaitu Escherichia coli dan Vibrio cholera."

>buah nona untuk diare
"Buah Nona (Annona reticulata) yang bentuknya mirip srikaya, bisa dimanfaatkan untuk obat diare atau disentri. Cara rebus batang buah nona yang kemudian air rebusannya diminum sehari sekali. Batang buah Nona mengandung Senyawa asetogenin."

>bunga kecubung
"Rebus 2-3 kuntum bunga kecubung (Datura Fatuosa) dan gunakan air rebusannya untuk obat kompres rematik, bengkak, anus turun (prolapsusani), jamur kulit, bisul. Kecubung berkhasiat karena memiliki efek antiasmatik, antitusif, antirematik, analgesik, afrodisiak dan anestetik."

>depresi
"Minum air rebusan kulit pisang beberapa kali dalam seminggu bisa mengatasi depresi karena kulit pisang mengandung serotonin yakni hormon yang mengatur mood (suasana hati) menjadi baik dan menurunkan stres."

No comments:

Followers