Tuesday, October 12, 2010

tips tetap sehat di musim cuaca ekstrim

cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini dirasakan hampir seluruh bagian daerah di indonesia. cuaca yang tak menentu, kadang panas terik sekali lalu tiba-tiba hujan.danya perubahan cuaca yang cukup ekstrim kemungkinan besar disebabkan oleh adanya perubahan kondisi alam yang sangat signifikan, biasa disebut sebagai pancaroba.
bayangkan dengan cuaca seprti kita tetap beraktivitas seperti biasanya, jadwal padat, dan sibuk beraktivitas diluar. jika anda tidak pintar-pintar menjaga kondisi tubuh maka kemungkinan terkena penyakit akan lebih rentan.
Secara logika, beberapa penyakit yang mungkin muncul akibat kondisi cuaca tak menentu (pancaroba) seperti ini berkaitan dengan penyakit menular langsung yang disebabkan virus atau bakteri, dan penyakit yang dibawa oleh vektor penyakit terutama yang mudah diterbangkan angin dan debu.

Penyakit menular langsung yang sangat mungkin ditemukan di lapangan di antaranya adalah:

1. Penyakit gangguan saluran pernafasan
seperti radang saluran pernafasan akut, influenza, bronkhitis, dan lain-lain termasuk flu like syndrome. Penyakit-penyakit seperti ini ditandai dengan gejala-gejala batuk, pilek, bersin-bersin, disertai demam dengan skala rendah hingga sedang. Selain itu, kepala pusing, badan terasa letih, sendi-sendi terasa ngilu, kurang nafsu makan, sakit tenggorokan, mata tampak memerah, suara parau, hingga hidung tersumbat. Biasanya gejala-gejala ini berangsur-angsur akan menghilang dalam waktu 3-5 hari dengan sendirinya (tanpa obat). Pencegahannya dan pengobatan tahap awal yang bisa dilakukan adalah dengan terapi air minum sebanyak-banyaknya untuk menjaga rongga mulut dan sekitarnya tetap lembab dan tidak dehidrasi. Jurus pencegahan lainnya bisa dibaca disini.

2. Penyakit gangguan saluran pencernaan
seperti diare, dan demam tifoid atau tifus abdominalis. Penyakit tersebut biasanya disebabkan oleh bakteri yang bersumber dari makanan dan sanitasi yang kurang baik. Debu yang diterbangkan angin biasanya membawa sejumlah bakteri yang akhirnya hinggap ke makanan yang terbuka, yang jika dimakan bakteri tersebut masuk ke saluran pencernaan dan berkembang biak di saluran usus, akhirnya timbul penyakit-penyakit diatas.


beberapa teman saya disekitar dan saya sendiri merasakan kondisi badan yang tidak fit. untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat, ada beberapa tips ringan yang bisa anda terapkan.

1. asupan makanan bergizi
Daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu : karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

2. perbanyak minum air putih(hangat)
perbanyak minum air putih untuk menjaga daya tahan tubuh anda, kurangi minum air putih karena air putih akan membuat daya tahan tubuh terhadap perubahan cuaca

3.berolahraga
Usahakan berolahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu selama 30 menit. Pilih olahraga yang bersifat aerobik seperti jogging, senam, treadmill, bersepeda, atau sekedar berjalan kaki berkeliling kompleks.

4.cukup istirahat
cukup istirahat membuat daya tahan tubuh anda terjaga. minimal 6-8 jam istirahat dalam sehari.

5.mengelola stress dengan baik
Dewasa ini sangat sulit untuk menghindari stress. Hanya dengan belajar mengelolanya secara tepat, kita dapat terhindar dari dampak negatif stress seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang yang pada akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh kita.


semoga tips ini bermanfaat bagi teman-teman. :)

No comments:

Followers