Friday, October 08, 2010

TIPS SUKSES UTS/UAS ala ayunda


warning :
1.baca perlahan2
2.jangan ada kalimat yang terlewatkan.
3.enjoy it!

bagi para mahasiswa yang masih bertanya-tanya "gimana ya cara nya ipk gw naik??, gimana ya caranya biar gw bisa dape A??" dengan asumsi cara yang halal (no nyontek)!! sebenarnya caranya ga susah-susah banget sih.. lw cuma butuh USAHA. masalahnya gak semua orang mau berusaha dengan maksimal, baru usaha dikit udah nyerah, udah capek, udah males.. lw ga bakalan bisa dapetin nilai A, trus ipk lw naik kalau lw kebanyakan ngeluh atau lw ga bisa melawan rasa malas yang ada dalam diri lw sendiri, jadi tips atau nasehat dari motivator terhebat sekalipun ga bkalan ampuh buat lw jika lw sendiri ga mau berusaha dan mampu meyakinkan diri lw.

oke,, deh cukup wejangannya, sekarang gimana ni cara nya??

1. lw harus hilangin bakteri atau virus MALAS di diri lw.
gimana caranya?? gw orangnya males bgt ni? nah,, kalau lw adalah tipe orang begituan lw harus menerapkan sistem step by step.
-lw harus mengubah kebiasaan-kebiasaan, misalnya kalau malam2 lw punya kebiasaan nonton sinetron, nah coba setiap lagi reklame lw intip2 tu buku, dibaca ya. jangan di intip doang..
-lw harus bisa ngeyakinin diri sendiri atau tulis di kamar lw "gua gak boleh malas"
-suruh sang kekasih atau sohib deket lw buat ingetin lw untuk belajar. atau punish dir lw sendiri, misalnya kalau lw udah disuruh pacar lw buat belajar,tapi lw gak mau juga lw harus bayar denda ke pacar lw itu..hehhe
nah semoga kebiasaan pemalas itu kabur deh dr diri lw, terutama menjelang ujian.. jangan sampe tu malas dipelihara.. bisa fatal akibatnya.

2. ubah niat
misalnya lw belajar dengan niat buat dapet nilai tinggi, dengan cara apapun nilai lw harus tinggi. itu slaah bung, berusahalah belajar buat dapetin ilmu n untuk bisa jawab soal2 ujian. nah kalo niat udah lurus belajar udah mantep semoga usaha lw gak sia2. kalau niat lw masih buat ningkatin GPA, ketika lw dapet nilai C/D dari dosen lw bakalan kesel abis2n (pengalaman,,hehe) . allah akan nolong orang2 yang berusaha n jujur, jika kita blum dikasi allah buat dapet nilai bagus berarti usaha kita belum maksimal n mungkin juga niat kita yang belum dibenerin.

3.bikin "small sheet"
awalnya lw baca perlahan-lahan materi apa yang akan diujiankan, nah... yang penting2 lw catet d kertas hvs. nah kalau udah lw catet, kan sebelum lw tidur ,atau kemanapun(bahkan bo*er),heh) bisa lw baca tu sheet,, jd ga perlu berat2 bawa buku kemana2.

4. berusaha bertanya dengan teman,biar ga sesat.
kalau lw bingung jangan langsung menutup buku dan menyudahi belajar, mending kekosan,telp atau ajak YM-an temen untuk membahas soal. dan usahakan ajak temen yang asik dia ajakin belajar biar mood kita gak ilang, soalny kan ada temen yang pintar tapi pelit ilmu. hehe

5. jangan memaksa,karena percuma.
mending lw belajar sebentar tapi masuk, dari pada lw belajar SKS(sistem kebut semalem). caranya lw belajar bertahap, 1 hari satu bab misalnya, nah jadi disaat menjelang ujian tinggal mengulang aj :)

6. jaga kesehatan dan mood
wah,,ini ni yang gak kalah penting, belajar itu juga butuh mood, kalau mud lw udah rusak, jangankan belajar buat ngapa2in aja malas, gitu juga kesehatan.. kalau lw uda sakit mau belajar gak bisa.. pas ujian pasti juga gak enak banget ngejawab soal2nya tu.

7. nah,,jika masalahnya dimata kuliah yang lw gak suka(ex; matematika) hanya satu yang perlu lw lakuin.. yaitu latihan..latihan..dan latihan... klo yang lemah di bidang menghapal, lw hanya butuh memahami konsep, atau lw bisa berdiri di depan kaca sambil memperagakan gerakan2 yang aneh biar apa yang lw hapal dengan gampang tercerna. misalnya lw hapal 1x1=2, lw hapalin sambil garuk2 ketek misalnya, nah ntar pas ada soal 1x1=... lw bakalan ingat tu gerakan n apa yang lw hapal, menghapal + gerakan akan menyeimbangakan otak kanan n kiri lw, jadi apa yang lw hapal akan berdampak long term return.

begitulah teman2, sekedar tambahan lw jangan lupa sholta dan berdoa agar diberi kemudahan dalam belajar dan menjawab soal2 ujian. dan satu hal kunci sukses lw ujian adalah lw gak bole malas,, kecuali lw orang jenius yang gak perlu belajar saat ujian
ok guys..
semoga sukses n ipk lw meningkat :)

No comments:

Followers